DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA 5 SUBTEMA 2 MATERI PENTINGNYA KEUTUHAN NKRI MENGGUNAKAN KOMBINASI GROUP INVESTIGATION, PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS 5 SDN KARANG MEKAR 6 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | AFRINA MARJU SA'ADAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-14 |
ABSTRAK
Afrina Marju Sa’adah, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Subtema 2 Materi Pentingnya Keutuhan NKRIMenggunakan kombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together Siswa Kelas 5 SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing M. Dani Wahyudi, S.Pd.I.,M.Pd.
Kata kunci: hasil belajar PPKn, kombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads
Berdasarkan hasil observasi awal, hasil belajar PPKn tema 5 subtema 2 siswa kelas 5 rendah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswamenggunakankombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together dengan mengubah pembelajaran yang berpusat pada guru kepada pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar siswa menggunakan kombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini bertempat di SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil belajar siswa secara individual secara klasikal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru pada akhir pertemuan 4 memperoleh skor sebesar 39 berada antara 34-40 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada akhir pertemuan 4 yaitu 86,21% siswa memperoleh skor antara 21-24 dengan kualifikasi sangat aktif. (3) Hasil belajar PPKn pada tema 5 subtema 2 materi pentingnya keutuhan NKRI siswa kelas 5 SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin melalui model GIdikombinasikan dengan PBI divariasi dengan NHT pada akhir pertemuan 4: a) sikap, 86,66% siswa memiliki sikap rasa ingin tahu, disiplin, toleransi dan santun yang sudah membudaya (SM). b) Ketuntasan belajar siswa mencapai 96,55%. c) keterampilan, 89,66% siswa memiliki keterampilan dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan dengan sangat baik.
Berdasarkan simpulan dansaran yang dapat diberikan: (1) Guru disarankan memanfaatkan hasil penelitian penerapan kombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Kepala sekolah disarankan memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pembinaan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih bermutu. (3) Penerapan model pembelajaran kombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together ini dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga penggunaan model pembelajaran kombinasi Group Investigation, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together ini tidak berhenti akan tetapi tetap terus dikembangkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI