DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KUPANG 1 KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:DINA DESTEYA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


Desteya Rahmi, Dina. 2015. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema 9 Kayanya Negeriku Muatan IPS  Menggunakan Kombinasi Model Numbered Head Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Course Review Horay (CRH)  pada Siswa Kelas IV SDN  Kupang 1 Kabupaten Tapin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Pembimbing : Prof. Drs.Ahmad Suriansyah,M.Pd,Ph,D.

       Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH), Sumber Daya Alam.

       Aktivitas dan hasil belajar mata Pelajaran IPS dengan materi Sumber Daya Alam di kelas IV SDN Kupang 1 Kbupaten Tapin masih rendah. Selama ini pembelajaran IPS di SDN Kupnag 1 Kabupaten Tapin masih berpusat pada guru. Metode ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Kupang 1 Kabupaten Tapin maka dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH). penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas IV SDN Kupang 1 Tapin mata pelajaran IPS dengan materi Sumber Daya Alam melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH), meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran guru.

                        Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi terhadap siswa kelas IV SDN Kupang 1 Kabupaten Tapin dengan jumlah 21 orang, penelitian ini dilakukan 4 pertemuan. Analisis data data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4. Hasil belajar siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dan mencapai ketuntasan belajar 84,21%.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, begitupula dengan hasil belajar meningkat dan dapat mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) pada muatan IPS materi Sumber Daya Alam. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah, dan peneliti lainnya pada muatan IPS dengan materi Sumber Daya Alam khususnya pada kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI