DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI SELF ESTEEM DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PERILAKU BULLYING DIKALANGAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANJARMASIN
PENGARANG:NINDITA ECHA APRILIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


ABSTRAK

 

Nindita Echa Apiliyani. 2019. Kontribusi Self Esteem Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Bullying Dikalangan Siswa  Kelas Vii Di Smp Negeri 14 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd. (II) Muhammad Arsyad, M.Psi, Psikolog.

Kata Kunci : Self Esteem, Kepercayaan Diri, Bullying.

                        Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran self esteem, kepercayaan diri, dan perilaku bullying pada siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin, serta untuk mengetahui kontribusi antara self esteem dan kepercayaan diri terhadap perilaku bullying di kalangan siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sampel dengan cara cluster random sampling yaitu mengambil sampel perkelas secara acak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi liniear berganda.

Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 14 Banjarmasin, siswa kelas VII memiliki self esteem dalam kategori tinggi, sedangkan pada kepercayaan diri dalam kategori sedang, dan pada perilaku bullying dalam kategori rendah. Hasil penelitian diperoleh sig 0,530 > 0,05 dan nilai Fhitung 0,638 > Ftabel 3.07 menyatakan bahwa tidak ada kontribusi yang signifikan antara self esteem dan kepercayaan diri terhadap perilaku bullying dikalangan siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin.Hal ini bisa dikarenakan faktor lain seperti faktor keluarga, lingkungan sekolah, maupun teman sebaya. Adapun hal lain yang memungkinkan tidak adanya kontribusi self esteem dan kepercayaan diri terhadap perilaku bullying yaitu siswa menganggap bullying sebagai hal yang biasa saja, siswa merasa jika tindakan tersebut hanya sekedar bercanda atau guyonan dan tidak mengarah pada tindakan untuk menyakiti siswa lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI