DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMBAMPUAN ANAK DALAM MENUNJUKKAN AKTIVITAS YANG BERSIFAT EKSPORATIF DAN MENYELIDIK MENGGUNAKAN VARIASI MODEL SNOWBALL THROWING, METODE EKSPERIMEN, DAN MODEL TAKE AND GIVE PADA ANAK KELOMPOK B TK PERUMNAS KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:LITA YULIA BUANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


ABSTRAK

Lita.  2019. Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Menunjukkan Aktivitas Yang Bersifat Eksploratif Dan Menyelidik Menggunakan Variasi Model Snowball Throwing, Metode Eksperimen dan Model Take and Give Pada Anak Kelompok B TK Perumnas Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidik, Model Snowball Throwing, Metode Eksperimen dan Model Take and Give

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik dikarenakan kurang aktifnya anak dalam kegiatan, model pembelajaran yang belum inovatif dan kurangnya anak dalam penguasaan materi. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengembangkan kemampuan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik menggunakan variasi Model Snowball Throwing, Metode Eksperimen, dan Model Take And Give. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian perkembangan dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dirancang dalam 4 kali pertemuan, dimana jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek peneliti ini merupakan anak kelompok B TK Perumnas Kecamatan Banjarmasin Utara yang berjumlah 18 orang anak. Cara mengumpulkan data menggunakan data kualitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan guru mencapai ≥21% dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai ≥80% dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil perkembangan anak mendapat bintang êêêê (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi Model Snowball Throwing, Metode Eksperimen, dan Model Take And Give dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru yang memperoleh skor 15 meningkat menjadi skor 24 pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 33% hingga mengalami peningkatan pada pertemuan IV menjadi 89% “Sangat aktif”, dan pada hasil pencapaian perkembangan kemampuan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik ada 15 orang anak memperoleh bintang êêêê kriteria “Berkembang Sangat Baik” dengan persentase 83%.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil perkembangan anak dengan menggunakan variasi Model Snowball Throwing, Metode Eksperimen, dan Model Take And Give pada anak lelompok B TK Perumnas Kecamatan Banjarmasin Utara sudah terlaksana dengan baik, sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model ini dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI