DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI MARKETING POLITIK KEPALA DESA TERPILIIH DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA KERTA BUWANA KECAMATAN SUNGAI LOBAN KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN 2017
PENGARANG:I PUTU HANDY PRAMANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


ABSTRAK

I Putu Handy Pramana, 2019, Strategi Marketing Politik Kepala Desa Terpilih Dalam Pemilihan Kepala Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2017. Dibawah Bimbingan Suriansyah Umar selaku pembimbing 1 dan Mahyuni selaku pembimbing II.

            Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi Marketing Politik yang digunakan Kepala Desa terpilih di Desa Kerta Buwana beserta tim suksesnya dalam memenangkan pemilihan Kepala Desa tahun 2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, tipe penelitian yang digunakan peneliti yaitu tipe penelitian deskriftif dan lokasi penelitian dilakukan di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan Kepala Desa Terpilih dapat dikatakan berhasil melakukan penyebaran luasan informasi yang ditawarkan kepada masyarakat melalui strategi marketing politik. Pertama hal  ini dapat dilihat dari produk yang berhasil ditawarkan dengan menyesuaikan keadaan lingkungan yang ada didesa kerta buwana serta program kerja yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Kedua promosi yang dilakukan kandidat lebih memfokuskan untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk memperoleh kedekatan dan pengunaan media cetak dan media online sebagai pendukung. Ketiga price (harga) yang dikeluarkan kandidat terpilih lebih banyak dibandingkan dengan lawan politiknya tersebut. terakhir yaitu place (tempat) dalam hal ini kandidat dan tim sukses lebih memanfaatkan kesempatan untuk  melakukan sosialisasi tatap muka langsung disetiap RT dan disetiap acara keagamaan yang sudah teragendakan.

            Disarankan bagi calon Kandidat Kepala Desa yang akan mendatang diharapkan menjadikan penelitian yang ada ini menjadi pertimbangan sebagai pedoman menjalankan strategi Marketing Politik dalam pemilihan Kepala Desa selanjutnya, sehingga tujuan yang dilakukan menghasilkan kemenangan secara maksimal.

 

Kata Kunci : Strategi, Marketing Politik, Pemilihan Kepala Desa.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI