DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS DINAS PENGELOLAAN PASAR DALAM MENGELOLA PASAR TRADISIONAL (STUDI PADA PASAR TELUK DALAM MUARA KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:DWI RAKHMAT SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


ABSTRAK

Dwi Rakhmat Saputra, D1B115408, 2019, “Efektivitas Dinas Pengelolan Pasar Dalam Mengelola Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Teluk Dalam Muara Kota Banjarmasin” di bawah bimbingan Suriansyah Umar, selaku pembimbing I dan Budi Suryadi, pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan faktor yang mempengaruhi efektiviitas Dinas Pengelolan Pasar dalam pengelolaan Pasar Tradisional Teluk Dalam Muara Kota Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan Staf Bagian Dinas Pengelolan Pasar Kota Banjarmasin dan dua orang pedagang yang Berjualan di Pasar Teluk Dalam Muara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas dalam pengelolaan pasar Tradisional Teluk Dalam Muara yang dilakukan oleh Dinas Pengelolan Pasar sudah dikatakan efektif dalam pengelolaannya dilihat dari indikator berikut : Keberhasilan Program, Dinas Pengelolan Pasar kota Banjarmasin sudah mencoba untuk membuat pasar Teluk Dalam Muara menjadi pasar sehat dan program itu berhasil dilaksanakan. Keberhasilan Sasaran program, yang dibuat berdasarkan kebutuhan dari pedagang itu sudah berhasil dilaksanakan dengan adanya penambahan keran air, tempat bermain anak dan ruang laktasi (ruang menyusui) selain itu pengecatan ulang pasar Teluk Dalam Muara, membenahi selokan dan penambahan tempat sampah. Kepuasan Terhadap Program, pedagang yang berjualan merasa puas dengan adanya program yang dibuat oleh Dinas Pengelolan Pasar dengan keberhasilan program-program sudah berhasil dilaksanakan dan juga ditambah dengan adanya petugas penagih pajak retribusi membuat para pedagang tidak harus ke loket Dinas Pengelolan Pasar untuk membayar pajak retribusi. Pencapaian Tujuan Menyeluruh, dari program yang sudah dijalankan cukup baik dan tidak lepas dari sasaran atau perencanaan yang dibuat.

Kepada Bidang Pasar yang bertanggung jawab mengelola pasar tradisional di Kota Banjarmasin khususnya di Pasar Teluk Dalam Muara perlu meningkatkan kuliatas kegiatan saat pelaksanaan pengelolaan pasar dan juga Bidang Pasar merencanakan apa yang bagus sehingga pasar tradisional tidak kalah bersaing dengan pasar-pasar modern, ditambah lagi dengan memperbanyak sosialisasi kepada pedagang-pedagang yang berjualan agar setiap pedagang sadar akan tata tertib maupun penataan barang dagangannya.

Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan, Pasar Tradisional.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI