DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKONOMI DAN HUBUNGAN DALAM BIDANG PEKERJAAN MENGGUNAKAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION KOMBINASI THINK-PAIR SHARE DAN TALKING STICK KELAS IV SDN PASAYANGAN 3 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD ASY`ARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


ABSTRAK

Asy’ari, Muhammad 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Ekonomi dan Hubungan dengan Bidang Pekerjaan menggunakan Team-Assisted Individualization Kombinasi dengan Think-Pair Share dan Talking Stick Kelas IV SDN Pasayangan 3 Martapura. Skripsi S1 Program Guru Pendidikan Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Ibu Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci : Ilmu pengetahuan sosial, Ekonomi Team-Assisted Individuali-zation,Think-Pair Share, Talking Stick.

Permasalahan pada penelitian ini adalah  rendahnya hasi belajar siswa pada materi ekonomi dan hubungan dengan bidang pekerjaan. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurangnya memahami materi, kurang kerjasama dan kurang aktif dalam belajar, siswa kurang teliti  dalam menyelesaikan tugas,  dan siswa kurang berminat mengikuti pelajaran. Pemacahan permasalahan ini menggunakan model pembelajaran Team-Assisted Individualizationn Kombinasi dengan Think-Pair Share dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini  mendiskripsikan aktivitas guru, mendiskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pasayangan 3 Martapura tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 19 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 38 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 89,47% kriteria sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 89.47% dengan nilai rata-rata 86.84%

berdasarkan hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa materi ekonomi dan hubungan dengan bidang pekerjaan menggunakan Team-Assisted Individualizationn Kombinasi dengan Think-Pair Share dan Talking Stick Kelas IV SDN Pasayangan 3 Martapuramenigkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI