DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PPKn TEMA 9 BENDA BENDA DI SEKITAR KITA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SDN PEKAUMAN 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NUR HANIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


ABSTRAK

Hanifah, Nur. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan PPKn Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita melalui Model Group Investigation Dikombinasikan dengan Examples Non Examples dan Numbered Head Together di Kelas V SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Ali Rachman M.Pd.

Kata Kunci : Benda-Benda di Sekitar Kita, Group Investigation, Examples Non Examples, Number Head Together dan Aktivitas Belajar Siswa.

            Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman terhadap materi yang dipelajari, kurang keaktifan siswa dalam memperoleh pengetahuan, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar muatan PPKn tema Benda-Benda Di Sekitar Kita. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Group Investigation, Examples Non Examples, dan Number Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan empat siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 17 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan 80%, dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  ≥70.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 22 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 100% kriteria sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 94,1% pada siklus IV.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku menggunakan kombinasi model Group Investigation, Examples Non Examples, dan Number Head Together pada siswa kelas V SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar menigkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI