DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DIRUMAH MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIBANTU DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SDN JAWA 5 MARTAPURA
PENGARANG:MAULIDATUL MUKRIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


 

ABSTRAK

Mukrimah,Maulidatul.2019.  Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Materi Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Dalam KehidupanSehari-Hari nDirumah Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) dibantu dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas III SDN Jawa 5 Martapura.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci:Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar,Direct Instruction (DI),Think Pair Share(TPS),Numbered Heads Together (NHT),Media Audio Visual.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan dalam memahami materi yang berkaitan dengan konsep hak dan kewajiban di rumah pada mata pelajaran PPKn. Hal disebabkan karena proses pembelajaran hanya terfokus pada guru, peran siswa dalam pembelajaran kurang aktif dan mandiri serta tidak adanya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan bagi siswa,hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan modelDirect Instruction (DI), Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT)dibantu dengan Media  Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jawa 5 Martapura.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan.Setting penelitian adalah siswa kelas III SDN Jawa 5 semester 2 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian membuktikan bahwa aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kriteria sangat baik. Pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kriteria sangat aktif. Kemudian pada ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan secara klasikal dinyatakan berhasil.

Dengan demikian aktivitas guru sudah mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa dengan sangat aktif dan hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Diharapkan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI