DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square Pada Siswa Kelas V SDN Marabahan 2 Kecamatan Marabahan
PENGARANG:AGNES EKA PUTRI BASTIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


ABSTRAK

Bastian, Agnes Eka Putri. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square pada Siswa Kelas V SDN Marabahan 2 Kecamatan Marabahan. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), Word Square

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran bersifat satu arah, kemudian kurang adanya tanya jawab di dalam pembelajaran, lalu siswa bermain sendiri tidak memperhatikan guru. Untuk itu peneliti memberikan solusi berupa penggunaan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 9 Benda-benda di Sekitas Kita.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam II siklus, dan setiap siklus  dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di SDN Marabahan 2 Kecamatan Marabahan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V semester dua (genap) tahun ajaran 2018/2019, dengan berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif melalui lembar observasi aktivitas guru dan lembar bervasi aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes tertulis siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu apabila aktivitas guru mencapai skor 36 – 44 kreteria “Sangat Baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal mencapai 79% - 100% dengan kreteria “Sangat Aktif”, serta ketuntasan belajar secara individual mendapat skor ≥70 dan secara klasikal sebanyak 80% siswa tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh skor 36 dan pada siklus II mencapai skor 42 dengan kreteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 75% dan siklus II mencapai 92,6% dengan kreteria “Sangat Aktif”. Kentuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 78,7% dan pada siklus II mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square terdapat peningkatan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar, sehingga dapat disarankan untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita untuk meningkatkan aktivitas siswa dan juga hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI