DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL DEMONSTRATION DAN WORD SQUARE DI KELAS V SDN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:REZKI FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


Fitriyani, Rezki. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran Pada Tema Benda-benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi  Model Group Investigation (GI), Demonstration dan Word Square Di Kelas V SDN Simpang Empat  Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi  Model Group Investigation (GI), Demonstration dan Word Square.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang terlibat secara aktif maka dari itu siswa kurang mandiri, bahkan cenderung pasif, main sendiri dan ribut didalam kelas selama proses pembelajaransehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar yaitu melalui Kombinasi  Model Group Investigation (GI), Demonstration dan Word Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar  tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  39 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 41%, pertemuan II mencapai 62%, pertemuan III mencapai 87%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi  Model Group Investigation (GI), Demonstration dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada sehingga sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI