DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), PICTURE AND PICTURE, DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK UTARA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:M. RIZQAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


Rizqan, M. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Picture and Picture, dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata kunci:   Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Tema Kayanya Negeriku, Contextual Teaching and Learning (CTL), Picture and Picture, dan Snowball Throwing.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dikarekan kondisi kegiatan pembelajaran kurang melibatkan peserta didik secara aktif sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan pembelajaran kurang bermakna menyebabkan kebosanan terhadap peserta didik. Untuk mengatasinya menggunakan kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), Picture and Picture, dan Snowball Throwing di SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus 2 pertemuan menggunakan pendekatan kualitatif dengan setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis saat pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai skor ≥40 dan aktivitas siswa secara klasikal mencapai ≥92% dan hasil evaluasi belajar siswa dinyatakan berhasil apabila mencapai ≥70 dan secara klasikal ≥92.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah menccapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktifitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif. Pada hasil belajar sudah mencapai indikator ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), Picture and Picture, dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia tema Kayanya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI