DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA “MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI” MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), DAN WORDSQUARE PADA SISWA KELAS IV DI SDN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RIDHA NURJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


Nurjannah, Ridha. 2019.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Makananku Sehat dan Bergizi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Word Square pada Kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. H. Kaspul, M.Si.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar IPA , Tema Makananku Sehat dan Bergizi, Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Word Square.

            Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAmateriMakanan Sehat dan Bergizi. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan proses pembelajaran kurang menyenangkan karena siswa hanya mendengarkan, mencatat, mengerjakan soal dan tidak ada interaksi langsung dengan eksperimen. Oleh karena itu, dilakukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Word Square pada siswa kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar. Dengan tujuan meningkatkan  aktivitas dan hasil belajar  IPA tema Makanan Sehat dan Bergizi pada siswa kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar   yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 22 (cukup baik), meningkat menjadi 34 (sangat baik) pada siklus II pertemuan 2, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 63% (cukup aktif) pada siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 88% (sangat aktif) pada siklus II pertemuan 2, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 54% pada siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 92% pada siklus II pertemuan 2.

Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Word Square, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran IPA di kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI