DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Student Teams Achievement Division (STAD), Numbered Heads Together (NHT), dan Mind Mapping (Peta Pikiran) Pada Siswa Kelas 4 SDN Batu Hapu 1 Kabupaten Tapin
PENGARANG:EKA PRASETIA NINGTYAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


ABSTRAK

Ningtyas, Eka Prasetia. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Student Team Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), dan Mind Mapping (Peta Pikiran) Pada Siswa Kelas 4 SDN Batu Hapu 1 Kabupaten Tapin. Skripsi Program S1 Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar. Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

Kata kunci: Kayanya Negeriku, Student Team Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), dan Mind Mapping (Peta Pikiran) dan Hasil Belajar siswa.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya hasil IPS siswa pada materi pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi model Student Team Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), Dan Mind Mapping (Peta Pikiran). Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa pada tema Kayanya Negeriku

Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Batu Hapu 1 Kabupaten Tapin yang berjumlah 11 orang siswa terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang cara pengumpulan datanya didapat dari hasil belajar siswa. Analisis data secara kualitatif dikatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor 81-100 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal dengan skor 81-100 dengan kriteria seluruhnya aktif dan indikator ketuntasan hasil belajar kognitif secara klasikal dengan skor 81 (seluruhnya tuntas), afektif secara klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal dengan skor 81 (sangat baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 60 kategori cukup baik sampai siklus ke IV mencapai skor 93 kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal memperoleh 23,86 kategori sebagian kecil aktif sampai siklus IV meningkat menjadi 86,37 hampir seluruhnya aktif. dan pada hasil belajar anak secara klasikal kognitif, afektif dan psikomotorik dari pertama hingga terakhir meningkat hingga mendapatkan keterangan Tuntas.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Student Team Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), Dan Mind Mapping (Peta Pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPS pada tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IV SDN Batu Hapu 1 Kabupaten Tapin. Dan karena itu kedepannya direkomendasikan agar guru dapat menggunakan model atau metode sebagai alternatif untuk pembelajaran siswa agar menarik dan aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI