DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KOMBINASI LEARNING TOGETHER DAN TALKING STICK SISWA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUNGAI BESAR BANJARBARU
PENGARANG:SARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


Sarah. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Pada Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Explicit Instruction Kombinasi Learning Together dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sungai Besar Banjarbaru. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dibawah bimbingan Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku, Explicit Instruction, Learning Together, Talking Stick

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Sungai Besar Banjarbaru Pada Tema Kayanya Negeriku. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran terjadi secara monoton, serta cenderung bersifat satu arah (terpusat pada guru), siswa kurang melibatkan diri secara aktif (tidak terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran) sehingga siswa cenderung pasif. Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditetapkan.Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan model Explicit Instruction Kombinasi Learning Together dan Talking Stick dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3pertemuan. Setting penelitian adalah kelas IV 2 Sungai Besar Banjarbaru tahun 2018/2019 dengan jumlah siswa laki-laki 11 orang dan perempuan 17 orang. Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif yang didapat melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa secara individu, dan data kualitatif didapat melalui instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentasi dan indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 dengan kriteria Baik terus meningkathingga Pertemuan 2 dan 3 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pertemuan 1 mendapat criteria cukupaktif meningkat di Pertemuan 2 dan 3 mendapat kriteria aktif dan sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa dari yang tidak tuntas pada Pertemuan 1 dan 2 menjadi tuntas pada Pertemuan 3.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Explicit Instruction Kombinasi Learning Together dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku sehingga hipotesis diterima. Disarankan kombinasi model model Explicit Instruction Kombinasi Learning Together dan Talking Stick dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, khususnya pada Tema Kayanya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI