DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI
PENGARANG:ERWANIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-16


ABSTRAK

 

Kajian PenerapanKeselamatan dan KesehatanKerjaDalamPelaksanaanPekerjaanProyekKonstruksi

 

Erwaniansyah

H2A114017

 

 

Dr. Ir. Henry Wardhana, M.T.

Candra Yuliana, S.T., M.T.

 

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan konstruksi jembatan yang melibatkan tenaga kerja. K3 merupakan suatu upaya dalam mengatasi potensi bahaya dan risiko kesehatan dan keselamatan yang mungkin terjadi. Sering terjadinya kecelakaan kerja pada proyek konstruksi diakibatkan kurang diperhatikannya K3 dan lingkungan disekitar proyek, sehingga perlu diadakan analisis mengenai penerapan program K3 pada Alat Pelindung Diri (APD) dan penerapan program K3 pada lingkungan kerja serta strategi peningkatan penerapan K3 pada proyek pembangunanjembatanpendekatPulau Kalimantan dan PulauLaut.

Data yang diperlukan meliputi data primer dan data sekunder.Metode yang digunakan dalam analisis adalahmetode statistik deskriptif dengan menggunakan program SPSS. Dari hasil pengujian deskriptif diperoleh nilai rata-rata dari semua variabel. Dari hasil analisis program K3 pada aspek APD didapat klasifikasi ukur penting yaitu pada penggunaan helm safety, helm safety, dan rompi safety.Sedangkan klasifikasi ukur cukup penting yaitu pada penggunaan masker safety, kacamata safety, penutup telinga dan baju pelampung. Dari hasil analisis program K3 pada aspek lingkungan kerja didapat klasifikasi ukur disediakan, Pada peninjauan lapangan Program K3 pada lingkungan kerja sudah baik tetapi belum sepenuhnya diterapkan.

Strategi peningkatanpenerapan K3 denganpembentukan safety committee yang solid dan kedisiplinan safety committee dalam penerapan aturan K3 secara rutin melakukan pembinaan berupa safety talk setiap pagi. Inspeksi peralatan dan kelengkapan pekerja. Serta pemberian sanksi baik ringan maupun berat bagi pekerja yang telah melanggar aturan yang telah ditetapkan.

 

Kata kunci: K3, Statistik Deskriptif, Strategi peningkatan K3.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI