DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REASLISTIC MATHEMATICS EDUCATION KOMBINASI THINK PAIR SHARE DAN SNOOWBALL THROWING SISWA KELAS V SDN SUNGAI LULUT 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NORAFIDAH AFNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Permasalahan yang terjadi adalah siswa belum mampu untuk memahami konsep dari pembelajaran “Data”. Penyebabnya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar, siswa yang pasif dan siswa kurang banyak memberikan kontribusi, ide, pendapat selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model Reaslistic Mathematics Education, Think  Pair  Share dan Snoowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi Data.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas V SDN Sungai Lulut 2 Kabupaten Banjar dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk mengetahui keberhasilan aktivitas guru mencapai skor ≥30 dan aktivitas siswa secara klasikal mencapai ≥82 dan hasil evaluasi belajar siswa dinyatakan berhasil apabila menvapai nilai 70 dan secara klasikal sekurang-kurangnya 80%.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI