DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SERTA PEMAHAMAN TENTANG JENIS CEDERA DAN CARA PENANGGULANGANNYA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:INGGIT WULANSI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


ABSTRAK

 

INGGIT WULANSI. NIM. A1D115213 “ Implementasi Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Serta Pemahaman Tentang Jenis Cedera dan Cara Penanggulangannya Pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar “.

Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2019. Pembimbing (I). Dr. Rahmadi, M.Pd dan pembimbing (II). Dr. Tri Irianto, M.Kes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Landasan Ulin Timur yang berjumlah 80 orang, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV-B yang berjumlah 28 orang, teknik pengambilan sampel dengan cara penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.

Kesimpulan penelitian ini adalah ketika diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan metode simulasi, terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar aspek kognitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode simulasi pada pembelajaran pendidikan jasmani dinyatakan dapat meningkatkan pengetahuan serta pemahaman tentang jenis cedera dan cara penanggulangannya pada proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

 

Kata kunci : Implementasi Metode Pembelajaran Simulasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI