DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KOMBINASIKAN DENGAN PROBLEM SOLVING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DIBANTU DENGAN ALAT PERAGA PAPAN STATISTIKA DI KELAS IVB SDN 3 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU
PENGARANG:SITI RAHMI MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Maulida, Siti Rahmi. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Menggunakan Model PembelajaranTeam Assisted Individualization(TAI) di Kombinasikan dengan Problem Solving dan Course Review Horay (CRH) dibantu dengan alat peraga papan statistika di Kelas IVB SDN 3 Guntung Manggis Banjarbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Materi Statistika, TAI, Problem solving, CRH

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas IV SDN 3 Guntung Manggis pada pembelajaran matematika adalah akibat rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dari tahun ke tahun selalu turun naik dan dibawah rata-rata standar Kriteria ketuntasan minimum, dan kurangnya partisipasi siswa terhadap materi statistika Oleh karena itu perludilakukan tindakan kelas, dengan tujuan dapat memperbaiki aktivitas guru,meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Pemecahan masalah inidilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) di Kombinasikan dengan Problem Solving dan Course Review Horay (CRH) dibantu dengan alat peraga papan statistika.

Metodelogi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan tiga pertemuan .Setting penelitian adalah seluruh siswa kelas IVB di SDN 3 Guntung Manggis yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan testertulis secara individumaupun kelompok, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalamkegiatan pembelajaran.Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa  penerapan modelTeam Assisted Individualization (TAI) dengan Problem Solving dan Course Review Horay (CRH) dibantu dengan alat peraga papan statistika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkanpada aktivitas guru dalam pertemuan I berada pada kualifikasi baik danpetemuan II berada pada kualifikasi baik serta pertemuan III dengan kualifikasi sangat baik. Pada aktivitas siswa pertemuan I berada pada ketegori aktif dan pertemuan II berada pada kategori  aktif dan pada pertemuan III pada kategori sangat aktif, dan untuk hasilbelajar dilihat dari ketuntasan klasikal, dengan perolehan yang dicapai pada pertemuan I yaitu 75% dan perolehan pada pertemuan II dan III  yaitu 100%. Dengan demikian aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dari pertemuan I sampai dengan pertemuan III.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa materi statistika pada kelas IVB SDN 3 Guntung Manggis Banjarbaru meningkat dan hipotesis dapat diterima.Disarankan dan diharapkan agar menjadikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Problem Solving dan Course Review Horay (CRH) dibantu dengan alat peraga papan statistika, maupun tipe dan model lainnya secara bervariasi sehinggamampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang akan berakibat pada meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI