DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, PICTURE AND PICTURE, DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDI AL-MUNAWWARAH BANJARMASIN
PENGARANG:AKHMAD BAIDAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


ABSTRAK Baidawi, Akhmad. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Kayanya Negeriku Dengan Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Picture And Picture, Dan Talking Stick Pada Kelas IV SDI-Al-Munawwarah Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Mind Mapping, Picture and Picture, Talking Stick, Kayanya Negeriku Muatan IPS. Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, tidak adanya variasi, siswa kesulitan memahami materi. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran materi Kayanya Negeriku muatan IPS di kelas IV SDI Al-Munawwarah Banjarmasin. Dilihat dari nilai hasil belajar siswa dengan KKM 70,00 dari 16 orang siswa hanya 5 orang atau 31,25% siswa yang mencapai ketuntasan. Untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Kayanya Negeriku pada kelas IV SDI Al-Munawwarah Banjarmasin peneliti menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Picture and Picture, dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Pendekatan Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Al-Munawwarah Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang terdiri 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitumg berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria baik dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 4 menjadi ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 56% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 87% ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi Kayanya Negeriku dengan menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Picture and Picture, dan Talking Stick dapat menuntaskan dari segi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDI Al-Munawwarah Banjarmasin. Disarankan kepada guru agar menjadi alternatif dalam menuntaskan aktivitas siswa dan hasil belajar khususnya materi Kayanya Negeriku muatan IPS.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI