DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN SENI TARI GIRING–GIRING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN PUTAT BASIUN KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:Norna Lini Yanti
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-16


Kata kunci : Hasil belajar, Peningkatan, Media Audio Visual.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada
pembelajaran seni tari. Pembelajaran kepada siswa dengan media audio visual
karena dengan penggunaan media audio visual siswa bersemangat dalam belajar,
dan siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, satu siklus
dilakukan empat kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan kegiatan yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen aktivitas guru,siswa dan hasil belajar. Data diperoleh melalui
observasi atau pengamatan, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif
dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pembelajaran selama dua siklus
mengalami peningkatan aktivitas, Hal tersebut terbukti dalam pelaksanaan
tindakan selama dua siklus. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama nilai
rata-rata 79 dengan kategori cukup, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan
terakhir siklus II rata-rata 83 dengan kategori baik. Aktivitas siswa siklus I, nilai
aktivitas siswa pertemuan pertama rata-rata 80 dengan kategori baik, kemudian
dilanjutkan dengan siklus II pertemuan terahir rata-rata 82 dengan kategori baik.
Hasil belajar siswa pada kondisi awal siswa tidak ada yang tuntas atau 0%, setelah
melakukan tindakan melalui siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil
belajar, dari siklus I yang tuntas 5 orang atau 45.46%, kemudian dilanjutkan
dengan siklus II yang tuntas 11 orang atau 100%. Terbukti dengan media audio
visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil pembelajaran seni tari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI