DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, PICTURE AND PICTURE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 13 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD SYARIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Syarif, Ahmad, 2019. Meningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Sumber Daya Alam Menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Picture and Picture dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Model Mind Mapping dikombinasikan dengan Picture and Picture dan Teams Games Tournament. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, karena siswa kurang berfikir kritis, tidak antusias, dan kurang siap dalam mengemukakan pendapat yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui model Mind Mapping, Picture and Picture dan Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 11 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui, teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteri aktif, pertemuan III mencapai kriteri aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 45 %, pertemuan II mencapai 70 %,dan pada pertemuan III mencapai 91%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dikombinasikan dengan Picture and Picture dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI