DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION KOMBINASI MIND MAPPING DAN WORD SQUARE DI KELAS IV SDN 1 PALAM
PENGARANG:MUHAMMAD JAYADI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


ABSTRAK

Rahman, Muhammad Jayadi. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Group Investigation Kombinasi Mind Mapping dan Word Square di Kelas IV SDN 1 Palam. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr.Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata kunci:   Aktivitas Belajar, Materi Hak dan Kewajiban, Group Investigation,Mind Mapping dan Word Square.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Siswakurangmelibatkandirisecaraaktif, tidakterlibatlangsungdalam proses pembelajaran,danpembelajaran bersifatsatuarah serta kurang antusias dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Palam mata pelajaran PendidikanKewarganegaraan. Untuk mengatasinya menggunakan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Word Squaredi SDN 1 Palam Banjarbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 pertemuan. Setting penelitian di SDN 1 Palam dengan materi Hak dan Kewajiban di kelas 4 dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.

Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila skor yang diperoleh ≥22atau 76% berada pada kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa dikatakan berhasil apabila siswa berada pada kategori sangat aktif dengan presentase keaktifan klasikal siswa ≥81%; (3) Siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilai yang didapatnya ≥75, pembelajaran secara klasikal dinyatakan berhasil apabila siswa tuntas belajar ≥81%. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai skor 25 atau 89% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 87% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan secara klasikal menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation Mind Mapping dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi Hak dan Kewajiban. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Khususnya pada pembelajaran PKn materi Hak Kewajiban

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI