DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGANWARUNG TENDA SEAFOOD DI KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MITA KURNIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Usaha warung tenda seafood tidak memiliki pencatatan sehingga dalam hal membuat perkiraan biaya sangat lemah sering kali pemilik warung tenda tidak mengetahui berapa kentungan atau kerugian usahanya. Usaha warung tenda sudah lama dijalankan sehingga perlu diketahui kelayakan usaha secara finansial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik usaha warung tenda seafood yang ada di Kota Banjarbaru; (2) menganalisis tingkat kelayakan finansial usaha warung tenda seafood di Kota Banjarbaru ; Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Metode pengambilan data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara, kuesionerdan dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Jumlah populasi pemilik usaha warung tenda seafood sebanyak 85 orang maka diambil sesuai kebutuhan sebanyak 43 responden.

          Analisis data untuk tujuan pertama menggunakan analisis deskriptif yaitu mengetahui gambaran karakteristik usaha yang dijalankan oleh pemilik warung tenda seafood di Kota Banjarbaru. Analisis data untuk tujuan kedua menggunakan kriteria kelayakan finansial usaha yaitu analisis laba/rugi, Revenue Cost Ratio (R/C),Payback Period (PP), dan analisis permintaan. Hasil analisis deskriptif Karakteristik usaha warung tenda seafood di Kota Banjarbaru meliputi kepemilikan usaha (85 % sewa tempat), lokasi usaha (49 % berada di Jl. A Yani), lama berdirinya usaha (49 % didirikan 2 – 10 tahun), sumber modal awal (91 % modal sendiri), waktu beroperasi warung (60 % buka mulai jam 17.00 – 02.00, jumlah tenaga kerja (74 % memperkerjakan 1 karyawan), sumber pasokan bahan baku (79 % dari pasar Banjarbaru) dan jenis bahan baku ( 12,91 % ikan nila dan 12,61 % ayam kota/ras). Hasil analisis kelayakan finansial usaha diperoleh keuntungan 90.536.137/tahun, nilaiR/C sebesar 1,15 > 1, nilai PP sebesar0,25< 1, permintaan rata-rata porsi per hari terbesar adalah 23,14 % terhadap ayam, 10,52 % terhadap ikan nila, dan 5.77 % terhadap ikan kembung. Hasil kelayakan usaha menunjukkan usaha warung tenda seafood untuk dikembangkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI