DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN JUAL BELI DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION, EXAMPLE NON EXAMPLE DAN TALKING STICK DI KELAS III SEMESTER 2 DI UPTD SD NEGRI DAMIT HULU PELAIHARI
PENGARANG:MUHAMMAD MAHYUS AQLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


ABSTRAK Aqli, Muhammad Mahyusa. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Kegiatan Jual Beli Dengan kombinasi Model Pembelajaran Explicit Instruction, Example non example Dan Talking Stick. Pada Siswa Kelas III Semester 2 Di UPTD SD Negri Damit Hulu Pelaihari”. Skripsi Program S-1 pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar IPS, Explicit Instruction, Example non example, Talking Stick. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif, pembelajaran yang kurang menyenangkan membuat siswa bosan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti membuat sebuah inovasi pembelajaran dengan Kombinasi Model Explicit Instruction, Example non example Dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya 2 kali pertemuan dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 47-56 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ?76% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa yang memperoleh > 70 mencapai ketuntasan klasikal ?80%. Hasil penelitian menunjukan terlaksananya aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 39 dengan kriteria baik sedangkan pertemuan 4 memperoleh skor 56 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 54,17% dengan kriteria aktif sedangkan pertemuan 4 memperoleh 91,67% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sebanyak 14 orang dinyatakan tuntas sedangkan pertemuan 4 sebanyak 23 orang dinyatakan tuntas. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Explicit Instruction, Example non example Dan Talking Stick dapat memperbaiki aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah agar dapat menjadikan sebagai alternatif untuk memilih model pembelajaran dan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI