DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MUATAN IPS MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), MIND MAPPING, DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN ANJIR PASAR KOTA 2 BARITO KUALA
PENGARANG:ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Annisa.2019.Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Dengan Muatan IPS Melalui Kombinasi Model Think Pair Share, Mind Mapping, Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi program pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing : Dr. Ali Rachman, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Think Pair Share, Mind Mapping dan Snowball Throwing, Daerah Tempat Tinggalku.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2 pada tahun ajaran 2017/2018 hanya 50% siswa yang telah mencapai KKM. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran serta pada saat guru menyampaikan materi siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. minat belajar siswa tidak terlihat, serta pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi. Diperbaiki dengan model Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan model Mind Mapping dan Snowball throwing. Karena model ini cocok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2 dengan jumlah 14 orang siswa. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa hasil belajar dan data kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian dapat dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru dan siswa menggunakan model Think Pair Share dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Snowball Throwing mencapai kualifikasi sangat baik dan secara klasikal hasil belajar ≥ 80%  siswa tuntas.

 Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai skor 29 kriteria baik, meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai skor 38 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus 1 pertemuan 1 49% kriteria cukup aktif. meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai 86% kriteria sangat aktif. Hasil belajar secara klasikal pada siklus I pertemuan pertama 50%, pertemuan kedua 64% dan siklus II pertemuan pertama 85,71% pertemuan kedua 100%.

Kesimpulannya bahwa hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku menggunakan model Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN Anjir Muara Kota 2 meningkat dan dapat diterima. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru agar model Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Snowball Throwing sebagai salah satu alternatif dalam memilih model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI