DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRU GERAKAN SHALAT DENGAN URUTAN YANG BENAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL TALKING STICK, PADA KELOMPOK A TK ISLAM MASJID JAMI TELUK DALAM BANJARMASIN
PENGARANG:NURLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


ABSTRAK

Nurlina. 2019.Upaya Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Dalam

Meniru Gerakan Shalat Dengan Urutan Yang Benar Menggunakan

Kombinasi Model Picture dnd Picture, Model Pembelajaran Langsung Dan Model Talking Stick Pada Kelompok A Tk Islam Masjid JamiTelukDalam Banjarmasin.Skripsi, Program PG-PAUD FKIP UniversitasLambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Meniru gerakan shalat dengan urutan yang

benar, Model Picture and Picture, Pembelajaran Langsung dan Talking

Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek niai agama dan moral dalam meniru gerakan shalat dengan urutan yang benar. Hal ini terjadi karena anak kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran, anak tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, dan anak sulit memusatkan perhatian.salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan shalat dengan urutan yang benar menggunakan kombinasi model Picture and Picture, model Pembelajaran Langsung dan model Talking Stick pada anak kelompok A TK Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam meniru gerakan shalat dengan urutan yang benar.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian inidilakukan pada anak kelompok A TK Islam Masjid jami Teluk Dalam Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam pengembangan nilai agama dan moral. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik, aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru sat mengembangkan nilai agama dan moral anak menggunakan model Picture and Picture, model Pembelajaran Langsung dan model Talking Stick yaitu mendapatkan kriteria Sangat Baik, (2) Aktivitas anak mendpat kriteria Sangat Aktif, (3) hasil pencapaian perkembangan nilai agama dan moral anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak dalam meniru gerakan shalat dengan urutan yang benar menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga pencapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi model Picture and Picture,Pembelajaran Langsung dan model Talking Stick, karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI