DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS (MENEMPEL GAMBAR DENGAN TEPAT) MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS MENGGUNAKAN MEDIA KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B TK ANGGREK DWP UNLAM BANJARMASIN
PENGARANG:KHAIRUNNISA M
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Abstrak

Nisa,  Khairun  2019.        “Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus (Menempel Gambar Dengan Tepat) Melalui Metode  Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Menggunakan Media Kolase Pada Anak Kelompok B TK Anggrek DWP Unlam Banjarmasin”. Skripsi. Program PG-PAUD ULM Banjarmasin.  Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

Kata kunci : Motorik Halus, Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas, Menempel Gambar Dengan Tepat Menggunakan Media Kolase.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan aspek motorik halus terutama capaian perkembangan menempel gambar dengan tepat menggunakan media kolase. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran dan pembelajaran bersifat satu arah sehingga menyebabkan anak merasa bosan dan tidak menarik minat anak. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan pada aspek motorik halus. Maka dari itu peneliti membuat suatu inovasi dalam pembelajaran yaitu menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas dalam kegiatan menempel gambar dengan tepat menggunakan media kolase. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak pada aspek motorik halus khususnya menempel gambar dengan tepat menggunakan media kolase.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dirancang dalam 3 kali pertemuan. Dimana jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Subjek penelitian ini anak kelompok B TK Anggrek DWP Unlam Banjarmasin yang berjumlah 12 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan aspek motorik halus terutama pada kegiatan menempel gambar dengan tepat menggunakan media kolase. Instrument penilaian yang digunakan adalah lembar kerja kepada anak untuk penilaian hasil perkembangan. Hasil indikator keberhasilan penelitian ini aktivitas guru dengan skor 30 dengan katagori”sangat aktif”, aktivitas anak dengan persentase ≥ 82% katagori “sangat aktif”, dan  hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang êêê (BSH) secara klasikal ≥ 82%

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi dan pemberian tugas menempel gambar dengan tepat menggunakan media kolase dapat meningkatkan aktivitas guru dari memperoleh skor 20 meningkat menjadi 36 pada pertemuan III dengan kriteria “Sangat Baik”. aktivitas anak memperoleh 58% berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai 83% dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil perkembangan aspek motorik halus anak 10 anak memperoleh bintang êêêê(BSB) dengan persentase 83%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “ dengan melalui metode demonstrasi dan pemberian tugas dalam kegiatan menempel gambar dengan tepat menggunakan media kolase pada anak kelompok B TK DWP Unlam Banjarmasin dapat diterima. Dengan ini diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan pada aspek motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI