DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 9 BENDA-BENDA DISEKITAR KITA DENGAN MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI), DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT).” DI KELAS V UPTD SDN 1 BENTOK DARAT TANAH LAUT
PENGARANG:ALDENA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


ABSTRAK

 

Aldena. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita Dengan Muatan Ilmu Pengetahuan Alam  Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Dan Team Game Tournament. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

Kata Kunci :   Benda-Benda Disekitar Kita Model Group Investigation,  Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Team Game Tournament dan Hasil Beajar Siswa.

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks, kurang aktif dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VB SDN 1 Bentok Darat muatan IPA tema Benda-Benda Disekitar Kita. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui kombinasi model GI, SAVI, dan TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap SDN 1 Bentok Darat tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 27 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan ≥75%, dan KKM ≥75

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 32 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 100% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 100% pada pertemuan IV.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada tema Benda-Benda Disekitar Kita menggunakan kombinasi model Group Investigation,  Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Team Game Tournament pada siswa kelas VB SDN 1 Bentok Darat menigkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI