DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Explicit Instruction (EI) Kombinasi dengan Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Course Review Horay (CRH) Kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin
PENGARANG:NOR ANIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Kata kunci: Aktivitas siswa, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, ExplicitInstruction, Student Facilitator and Explaining, Course Review Horay.Aktivitas belajar siswa masih belum memahami konsep pembelajaran, tingkatberpikir siswa tidak berkembang, siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalampembelajaran hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, pemahaman siswaterhadap materi semakin suit dan berdampak buruk terhadap bekal siswa untukmelanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk mengatasi permasalahantersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan modelpembelajaran Explicit Instruction Kombinasi dengan Student Facilitator andExplaining dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan aktivitas guru, untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan untukmenganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model tersebut.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksankan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 20 orang, terdiri dari 10orang laki-laki dan 10orang perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dankuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai82-100 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai 21-25 dengan kategorisangat aktif dan secara klasikal mencapai ?76% dengan kriteria sangat aktif sertahasil belajar mencapai ketuntasan ?80% secara klasikal.Hasil peneltian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana pada pertemuan 4memperoleh kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4mengalami peningkatan dengan memperoleh kriteria sangat aktif dan secara klasikalmemperoleh kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa meningkatdan mencapaiketuntasan baik secara individu maupun klasikal.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model ExplicitInstruction Kombinasi dengan Student Facilitator and Explaining dan Course ReviewHoray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agarkombinasi model pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai alternatif untukmeningkatkan aktivitas belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI