DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ALFIAN HALIK | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-18 |
Halik, Alfian. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Benda dan
Sifatnya menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group
Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match
pada Siswa kelas V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjamasin. Skripsi
Jurusan Ilmu Pendidikan. Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung
Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D
Kata Kunci: Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Make a
Match
Pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya di SDN Antasan Kecil Timur 1
Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu >70. Untuk itu perlu diatasi
dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered
Heads Together (NHT), dan Make a Match. Penelitian ini bertujuan mengetahui
aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa kelas V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin dengan
menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads
Together (NHT), dan Make a Match.
Penelitian ini dilaksanakan 4 pertemuan dengan langkah-langkah yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas
V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin yang berjumlah 24 orang siswa.
Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis
secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan
aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru
terlaksana dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran
mengalami peningkatan menjadi mayoritas sangat aktif. (3) Pembelajaran IPA
dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI),
Numbered Heads Together (NHT), dan Make a Match dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Kesimpulan penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan
langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads
Together (NHT), dan make a match sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan
ktiteria sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah
memenuhi indikator keberhasilan dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa
sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun
individual.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI