DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ALFIAN HALIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-18


Halik, Alfian. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Benda dan

Sifatnya menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group

Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match

pada Siswa kelas V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjamasin. Skripsi

Jurusan Ilmu Pendidikan. Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung

Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D

Kata Kunci: Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Make a

Match

Pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya di SDN Antasan Kecil Timur 1

Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu >70. Untuk itu perlu diatasi

dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered

Heads Together (NHT), dan Make a Match. Penelitian ini bertujuan mengetahui

aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil

belajar siswa kelas V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin dengan

menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads

Together (NHT), dan Make a Match.

Penelitian ini dilaksanakan 4 pertemuan dengan langkah-langkah yaitu

perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas

V SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin yang berjumlah 24 orang siswa.

Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis

secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan

aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru

terlaksana dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran

mengalami peningkatan menjadi mayoritas sangat aktif. (3) Pembelajaran IPA

dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI),

Numbered Heads Together (NHT), dan Make a Match dapat meningkatkan hasil

belajar siswa.

Kesimpulan penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan

langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads

Together (NHT), dan make a match sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan

ktiteria sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah

memenuhi indikator keberhasilan dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa

sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun

individual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI