DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Bentuk dan Warna Menggunakan Kombinasi Modal Make A Macth dan Metode Ekspremen Pada Anak Kelompok A TK Shabwa Amanah Banjarbaru
PENGARANG:ANIS NURLAILY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


ABSTRAK  

 

 

Nurlaily Anis, 2019, Mengembangkan Kemampuan  Kognitif  Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk dan warna Menggunakan Model make a match dan Metode eksperimen pada anak Kelompok A TK Shabwa Amanah Banjarbaru Skripsi, Program Pendidikan Guru PAUD FKIP ULM Banjarmasin

.

Kata kunci: Kemampuan kognitif, Eksperimen, make a match

 

Penelitian ini berawal dari permasalahan pada anak kelompok A TK Shabwa Amanah Banjarbaruyang masih kesulitan dalam kemampuan kognitif khususnya pada kegiatan mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk dan warna. Untuk mengatasi masalah ini  penulis memilih pembelajaran menggunakan model make a match dan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk dan warnamenggunakan model make a match dan metode eksperimen pada kelompok A TK Shabwa Amanah Banjarbaru.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan 4 pertemuan pada kelompok A TK Shabwa Amanah Banjarbaru. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indikator keberhasilan.  

Berdasarkan temuan yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan 4 pertemuan melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, dan hasil belajar anak, diperoleh hasil penelitian: 1) Aktivitas guru selama pembelajaran menggunakan model make a match dan metode eksperimen meningkatsetiap pertemuan hingga mencapai kriteria sangat baik.2)Aktivitas anak juga terjadi peningkatan setiap pertemuanhingga semua anak mencapai kriteria aktif. 3) Terdapat peningkatan hasil pengembangan kemampuan aspek kognitif anak mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk dan warna menggunakan model make a match dan metode eksperimen pada kelompok A TK Shabwa Amanah banjarbaru. Pada pertemuan 1 ketuntasan mencapai 14%, pada pertemuan 2 mencapai 47%, pada pertemuan 3 mencapai 73%, dan pada pertemuan 4 mencapai 86%.  

Dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas yang dilakukan guru, dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, baik dari aktivitas guru dan aktivitas anak, serta hasil pengembangan anak.Disarankan untuk guru agar bisa mengelola pembelajaran serta dapat meningkatkan kompetensi dalam merancang model pembelajaran sehingga dapat memotivasi anak dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan manfaat untuk anak TK.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI