DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN SENILAI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN DALAM PAGAR ULU 1 MARTAPURA
PENGARANG:DITA KARINA ABDILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


Abdilla, Karina Dita. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Senilai Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), dan Numbered Head Together (NHT) dengan Alat Peraga Blok Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN Dalam Pagar Ulu 1 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar,Pecahan Senilai, Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) dengan Alat Peraga Blok Pecahan.

 

Permasalahan yangterjadi di kelas IV SDNDalam Pagar Ulu 1 Martapura yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai.Penyebab ialah siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang kritis dalam berfikir dan rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran serta tidak adanya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran menjadikan siswa kesulitan untuk memahami konsep matematika yang bersifat abstrak. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) dengan Alat Peraga Blok Pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa,serta menganalisis hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas IVSDN Dalam Pagar Ulu 1 Martapura tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 16 orang, 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan mengamati selama pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar siswa dilakukan di akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru dalam pembelajaran adalah jika mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal dengan kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% dari jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 65.

Hasil penelitian menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) dengan Alat Peraga Blok Pecahan menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari aktif menjadi sangat aktif, dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menggunakan dua model dan satu alat peraga dapat disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat digunakan sebagai sarana alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan senilai secara optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI