DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kontribusi Iklim Organisasi, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pamong Belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:Ika Afriana Dahliani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


ABSTRAK

 

Dahliani, Ika Afriana. 2019. Kontribusi Iklim Organisasi, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pamong Belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Se Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D, (II) Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci: Iklim Organisasi, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Pamong Belajar

 

            Kinerja merupakan prestasi kerja, yakni perbandingan antara hasil kerja secara nyata dengan standar kerja yang ditetapkan. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kinerja pamong belajar pada SKB yaitu iklim organisasi, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja. Faktor–faktor ini mempunyai gambaran yang berbeda–beda pada setiap SKB di provinsi Kalimantan Selatan maka dari itu perlu dipelajari gambaran dan pola hubungannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi secara langsung dan tidak langsung iklim organisasi, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pamong belajar pada SKB se Provinsi Kalimantan Selatan.

            Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode cross sectional dan menggunakan teknik korelasi (correlation research). Populasi penelitian sebanyak 102 orang pamong belajar dan diambil 81 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan analisis jalur.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada kontribusi langsung secara signifikan (a) Iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi pamong belajar, (b) Iklim organisasi terhadap kepuasan kerja  pamong belajar, (c) Motivasi berprestasi terhadap kepuasan kerja pamong belajar, (d) Iklim organisasi terhadap kinerja pamong belajar, (e) Motivasi berprestasi terhadap kinerja pamong belajar, (f) Kepuasan kerja terhadap kinerja pamong belajar, (2) Terdapat kontribusi tidak langsung: (a) Iklim organisasi terhadap kepuasan kerja melalui motivasi berprestasi pamong belajar sebagai perantara, (b) Iklim organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja Pamong belajar sebagai perantara, (c) Iklim organisasi terhadap kinerja melalui motivasi berprestasi pamong belajar sebagai perantara, (d) Motivasi berprestasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja Pamong belajar sebagai perantara, (e) Iklim organisasi terhadap kinerja melalui motivasi berprestasi dan kepuasan kerja Pamong belajar sebagai perantara, (f) Iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi melalui kepuasan kerja pamong belajar sebagai perantara pada SKB se Provinsi Kalimantan Selatan.

Saran kepada Kepala SKB agar dapat meningkatkan iklim organisasi di lembaga SKB nya bersama–sama dengan pamong belajar dalam rangka meningkatkan kinerja, antara lain dengan menciptakan iklim organisasi terbuka, dengan cara meningkatkan dukungan dan kerjasama antar semua staf. Bagi pamong belajar hendaknya meningkatkan kinerjanya terutama motivasi untuk berprestasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pamong belajar di SKB. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI