DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Ragam Kuliner Khas Masyarakat Arab Di Kampung Arab Banjarmasin Tahun 1992-2017
PENGARANG:Budy
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


Abstrak

RAGAM KULINER KHAS MASYARAKAT ARAB DI KAMPUNG ARAB BANJARMASIN TAHUN 1992-2017.

(Oleh : Budy, Pembimbing I Dr. Syaharuddin, S.Pd, M., Pembimbing II Heri Susanto, M.Pd., 2019)

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang apa saja jenis kuliner yang menjadi ciri khas dari masyarakat Arab yang tinggal di Kampung Arab Banjarmasin, dan sekilas tentang bagaimana kedatangan dan kehidupan orang etnik Arab di Banjarmasin.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang ciri khas dari masakan khas Arab dan apa saja ragam kuliner khas Arab yang dapat dijumpai di daerah Kampung Arab Banjarmasin serta perkembanannya tahun 1992-2017.

Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode sejarah. Dengan menggunakan hal yang sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta. Dijabarkan secara naratif dan deskriptif. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara dan tinjauan kepustakaan, wawancara dilakukan dengan tokoh-tokoh yang dapat mewakili masyarakat dan memiliki penetahuan tentang ragam kuliner khas masyarakat etnik Arab di Kampung Arab Banjarmasin, sedangkan tinjauan kepustakaan dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku dan sumber-sumber tertulis lainnya yang berkaitan dan relevan dengan penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kulinar khas masyarakat Arab di Banjarmasin telah mendapat banyak penaruh dari masakan Banjar, sedangkan ciri khas dari masakan Arab adalah mengunakan banyak bumbu rempah sehinga memiliki aroma rempah yang kuat, dan umumnya mengunakan daging kambing. Jenis-jenis masakan khas masyarakat Arab di Banjarmasin antara lain nasi samin, karih Arab, roti maryam, kambing guling, kebab atau shawarma dan basbousa.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta dapat bermanfaat bagi masyarakat, peneliti selanjutnya dan bagi mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin, untuk  memberikan pengetahuan tentang ragam kuliner khas masyarakat Arab di kampung Arab Banjarmasin tahun 1992-2017.

Kata Kunci : Kuliner, Khas, Arab

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI