DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO PASAR TERHADAP RETURN SAHAM (studi empiris pada perusahaan Grosir Dan Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)
PENGARANG:DEWINTA NANDASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


Dewinta Nanda Sari (2019). Pengaruh Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Pasar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Grosir dan Ritel Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018.

Promotor: Achmad Suhaili, S.E, M.Si, Ak, CA

 

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Pasar Terhadap Return Saham. Penelitian ini menggunakan Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Pasar sebagai variabel independen, dan Return Saham sebagai variabel dependen.

            Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Grosir dan Ritel Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu, dan total sampel 22 perusahaan dengan periode 2015 hingga 2018. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linierberganda dengan bantuan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total Asset Turnover (TATO) dan  Inventory Turnover (ITO), dan Rerurn on Assets (ROA)tidak berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan  Return on Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) ,Price to Book Value (PBV) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan. Hal ini menunjukkan bahwa return saham akan meningkat bila nilai pasar perusahaan dimata investor tinggi, dan terbukti dari rasio pasar yaitu EPS dan PBV yang memberikan pengaruh signifikan, dan faktor lain yang juga mempengaruhi return saham secara signifikan ialah bagaimana perusahaan menciptakan laba, oleh karena itulah profitabilitas berupa ROE memberikan pengaruh yang signifikan.

Kata Kunci: Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Pasar, Return Saham, Total Asset Turnover, Inventory Turnove, Rerurn on Equity, Return on Assets, Earning Per Share, Price to Book Value.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI