DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW KOMBINASI DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT, DAN TALKING STICK KELAS IV SDN SUNGAI ARPAT 2 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD RICKY HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


 

ABSTRAK

 

HIDAYAT, RICKY MUHAMMAD. 2019. Meningkatkan AktivitasBelajardalam Keterampilan Berbicara Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Jigsaw Kombinasi dengan Teams Games Tournament, dan Talking Stick Kelas IV SDN Sungai Arpat 2 Martapura". Skripsi Program S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, jigsaw, keterampilan berbicara, Talking Stick dan Teams Games Tournament

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dalam keterampilan berbicara mengakibatkan hasil belajar rendah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV materi menganalisis informasi dari teks. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran hanya berfokus pada satu arah, siswa cenderung diam saat pembelajaran dan suasana pembelajaran yang membosankan. Melalui kombinasi model jigsaw dikombinasi dengan Teams Games Tournament dan Talking Stick guru dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan akan lebih menyenangkan sehingga siswa dapat termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sungai Arpat 2 Martapura kelas 4 dengan jumlah siswa 17 orang dari 5 orang laki-laki dan 12 orang perempuan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan data dengan cara data kualitatif (aktivitas guru dan siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar). Adapun indikator keberhasilan PTK ini adalah aktivitas guru mencapai kategori“Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif” serta siswa dapatmencapai ketuntasan belajar secara individu ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal≥80% mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mendapatkan skor 35 kategori sangat baik. Aktivitassiswa mendapatkan persentase 94% kategori sangat aktif. Adapun pada hasilbelajar siswameningkat menjadi 16 siswa atau 94% yang tuntas dari jumlah siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model jigsaw dikombinasi dengan Teams Games Tournament dan Talking Stick sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menganalisis informasi penting dalam teks.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI