DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM SOLVING BERORIENTASI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 5 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:PUPUT RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM SOLVING BERORIENTASI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION  PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 5 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Oleh: Puput Rahayu, Pembimbing: Drs.Iriani Bakti, M.Si dan Drs. Parham Saadi, M.Si; 2019; 146)

 

ABSTRAK

Penelitian meningkatkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi problem solving berorientasiTAI  pada materi stoikiometri di SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru, (2) aktivitas peserta didik, (3) keterampilan metakognisi, (4) hasil belajar pengetahuan (5) respon peserta didik terhadap pembelajaran strategiproblem solvingberorientasi TAI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 3 dengan jumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian berupa instrumen aktivitas guru, aktivitas peserta didik, instrumen tes keterampilan metakognisi, instrumen tes hasil belajar pengetahuan dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru meningkat dari kategori baik dengan persentase 72,32% menjadi sangat baik dengan persentase 87,77%; (2) aktivitas peserta didik meningkat dari kategori cukup aktif dengan persentase 68,25% menjadi aktif dengan persentase 89,50%; (3) keterampilan metakognisi peserta didik meningkat dari kategori mulai berkembang dengan baik dengan persentase 49,70% menjadi sudah berkembang dengan baik dengan persentase 75,22%; (4) hasil belajar peserta didik meningkat dari 68,88% menjadi 91,03% (5) respon peserta didik menunjukkan respon yang baik dengan persentase 76,79%.

 

Kata kunci: Keterampilan metakognisi, Hasil Belajar Pengetahuan, ModelPembelajaran TAI, Strategi Problem Solving, Materi Stoikiometri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI