DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin pada Materi Koloid Tahun Ajaran 2018/2019.
PENGARANG:RAIDA FADIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan pembelajaran yang menerapkan model inkuiri konfirmasi pada materi koloid. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan pretest-posttest nonequivalen control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, yakni untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inkuiri konfirmasi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dengan persentase ketuntasan 30 % dan kelas kontrol dengan persentase ketuntasan 3,7 %.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI