DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FPB DAN KPK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, NUMBER HEAD TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV SDN PENGAMBANGAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


Sainah,2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB dan KPK Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Course Review Horay di Kelas IV SDN Pengambangan 3 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing  : Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D ;

 

Kata Kunci : Fpb dan Kpk, Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Course Review Horay.

 

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah hasil belajar siswa fpb dan kpk masih rendah karena siswa kurang memahami konsep dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pengambangan 3 Banjarmasin maka dilaksanakan pembelajaran melalui kombinasi model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Course Review Horay.

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi terhadap siswa kelas IV SDN Pengambangan 3 Banjarmasin dengan jumlah siswa 25 orang. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah rata-rata kelas 80% siswa tuntas secara individu dengan KKM 60. Faktor yang diteliti yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

 

Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar pada materi FPB dan KPK menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Course Review Horay.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI