DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBIJAKAN KEPALA DESA PEREMPUAN TERHADAP KEGIATAN PEREMPUAN DI DESA SUPUT KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:SELYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

 

Selyana D1B115234 Kebijakan Kepala Desa Perempuan Terhadap Kegiatan Perempuan Di Desa Suput Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Dibimbing oleh Pathurrahman, S.Sos, MA selaku dosen pembimbing satu dan Dr. Jamaluddin, M.Si selaku dosen pembimbing dua.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberpihakan kepala desa perempuan terhadap perempuan di desa Suput Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pada penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan kriteria sesuai tujuan penelitian. Sumber data dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi/arsip. Teknis analisis data dalam penelitian ini melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala desa perempuan membuat keputusan kebijakan ditujukan untuk para perempuan desa Suput, alasan kepala desa memberikan keputusan itu karena sebagai rasa kepeduliannya terhadap sesama perempuan. Kepala desa Suput tidak hanya memberikan keputusan kebijakan saja namun kepala desa juga memberikan tindakan nyata untuk merealisasikan kebijakan yang telah dibuat sebelumnya. Tidak hanya itu, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala desa perempuan cukup perduli dengan para perempuan desa Suput hal ini dilihat dari adanya bangunan posyandu dan tersedianya fasilitas yang cukup untuk kegiatan posyandu di desa Suput, salain itu kepala desa juga mendengarkan keresahan para perempuan desa Suput dan memberikan solusi untuk mereka serta melalukan upaya dalam pembentukan mental dari dalam agar perempuan desa Suput bisa maju dan tidak tertindas oleh pihak manapun.

Saran dari peneliti kepada kepala desa Suput agar dapat mempertahankan konsistennya dalam memberikan keputusan kebijakan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat desa Suput. Kepada perangkat desa Suput agar dapat meningkatkan kinerjanya baik dalam pelayanan kepada masyarakat maupun meningkatkan kerjasama kepada atasan dan juga sesama rekan kerja.

 

Kata Kunci : Kebijakan, Kepala Desa Perempuan, Perempuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI