DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN WORD SQUARE PADA KELAS V SDN MELAYU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:NURKHALISA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


 

ABSTRAK

Fitri, Nurkhalisa. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square pada Kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D

 

Kata kunci: Membaca Pemahaman, CIRC, NHT, Word Square

Hasil mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman di kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin masih belum memuaskan. Ini disebabkan karena keaktifan siswa hanya sebatas mendengarkan penjelasan dari guru atau pembelajaran hanya bersifat satu arah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square. Penelitian ini untuk bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam materi membaca pemahaman.

Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 31 orang yaitu 16 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan  untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis di akhir pelajaran. Indikator keberhasilannya dimana aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor ≥36 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ≥82%siswa berada pada kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar siswa dianggap tuntas belajarnya apabila siswa memperoleh nilai ≥70 dan secara klasikal mencapai ≥80% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai  ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 dengan kriteria Baik menjadi kriteria Sangat Baik pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2. Hasil aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 dengan kriteria Cukup Aktif, siklus I pertemuan 2 dengan kriteria Aktif menjadi kriteria Sangat Aktif pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2. Ketuntasan hasil belajar siswa dari yang tidak tuntas pada siklus I menjadi tuntas pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi membaca pemahaman. Saran kepada guru untuk menggunakan kombinasi model model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT) dan Word Square untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI