DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGGUNTING SESUAI POLA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DEMONSTRASI DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK – KANAK PUTRA 3 BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:SITI ARDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Siti Ardina. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Menggunting Sesuai Pola Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Metode Demonstrasi dan Metode Pemberian Tugas Dengan Media Kertas Pada Anak Kelompok B Taman Kanak – Kanak Putra 3 Banjarmasin Barat”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

            Dosen Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Menggunting Sesuai Pola,Explicit InstructionsDemonstrasi,Pemberian Tugas dengan Media Kertas.

 

Permasalahan pada penelitian adalah rendahnya kemampuan dalam keterampilan motorik halusnya terutama dalam menggunting sesuai pola. Hal ini terjadi karenapembelajaran bersifat abstrak, kurang kesempatan berlatih dan ruang yang terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, metode demonstrasi dan metodepemberian tugas dengan media kertas. Berdasarkan hal tersebut dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil pengembangan kemampuankegiatan menggunting sesuai pola menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, metode demonstrasi dan pemberian tugaspada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Putra 3 Banjarmasin Barat.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 4 siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di Taman Kanak-Kanak Putra 3 Banjarmasin Barat. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah sebanyak 15 siswa dengan 6orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan.

Hasil penelitian aktivitas guru mencapai skor 27 berada pada kriteria sangat baik dan dinyatakan berhasil. Aktivitas anak menunjukkan adanya perkembangan di tiap pertemuannya, hal ini dapat dilihat dari aktivitas anak secara klasikal mencapai persentase 90,66% berada pada kriteria sangat aktif. Hasil pengamatan terhadap pengembangan kemampuan menggunting sesuai polamengalami peningkatan di setiap pertemuannya, dimana anak yang mendapat 򈈈 yang dikatakan berhasil berkembang memperoleh persentase sebesar 86,7% dengan kriteria berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan jika kemampuan menggunting sesuai polamenggunakan kombinasi model Explicit Instruction, metode demonstrasidan metode pemberian tugas dengan media kertas, maka kemampuan menggunting sesuai pola kelompok B Taman Kanak-Kanak Putra 3akan berkembang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI