DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA BENDA – BENDA DISEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING, TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN GAMBUT 1
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHA ANSHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

 

Anshari, Muhammad Ridha (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan PPKN Tema Benda – Benda Disekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Role Playing, Team Assisted Individualization Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN Gambut 1 Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas belajar, PPKN Tema Benda – Benda Disekitar Kita, Model Role Playing, Team Assisted Individualization Dan Talking Stick

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman dan aktivitas siswa dalam belajar yang berdampak pada hasil belajar terutama muatan PPKN dapat dilihat dari minat siswa yang masih kurang mampu mendeskripsikan materi muatan tema benda – benda disekitar kita. Lalu kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terutama bekerja sama dalam kelompok yang menyebabkan siswa menjadi cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat ataupun pertanyaan dan pembelajaran pun masih bersifat monoton yang membuat siswa merasa bosan saat belajar PPKN, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut Peneliti memecahkan permasalahan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Role Playing, Team Assisted Individualization dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Adapun jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Gambut 1 Kabupaten Banjar dengan jumlah 31 orang siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis di akhir pelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru kualifikasi sangat baik yaitu mendapat skor 43-50, aktivitas siswa ≥80% dari jumlah siswa memperoleh kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar ≥80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥70.

Penelitian ini menunjukkan terjadi kecenderungan peningkatan aktivitas siswa materi muatan tema benda – benda disekitar kita dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Role Playing, Team Assisted Individualization dan Talking Stick. Pelaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 27 dengan kategori cukup baik lalu meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 46 dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pertemuan 1 secara klasikal mendapat nilai 3% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 hanya 41% kemudian meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model tersebut dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gambut 1 Kabupaten Banjar meningkat dan hipotesis dapat diterima. Penelitian ini disarankan sebagai alternatif dalam pemilihan model untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI