DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MEMAHAMI CERITA YANG DIBACAKAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STORY TELLING DAN MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A TK KARTINI DESA SIMPANG ARJA KECAMATAN RANTAU BADAUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:PITRI ASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


 ABSTRAK

Asih, P 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Memahami Cerita yang dibacakan Melalui Metode Story Telling dan Model Role Playing dengan Media Boneka jari pada Anak Kelompok A TK Kartini Desa Simpang Arja Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Novitawati, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Cerita, Metode Story Telling, Model Role Playing, Boneka Jari

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh gambaran bahwa kemampuan bahasa dalam memahami cerita yang dibacakan masih belum maksimal pada anak kelompok A TK Kartini Desa Simpang Arja Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala tahun ajaran 2019/2020, dapat terlihat dari 13 anak hanya 5 anak (38%) dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hal ini disebabkan karena anak belum mampu bercerita secara sederhana. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode story telling dan model role playing dengan media boneka jari, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam memahami cerita yang dibacakan pada anak kelompok A TK Kartini Desa Simpang Arja Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa anak kelompok A TK Kartini Desa Simpang Arja Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kualayang berjumlah 16 orang anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 93% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 92% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa dalam memahami cerita yang dibacakan berhasil/berkembang dengan persentase92% anak memperoleh «««.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam memahami cerita yang dibacakanmenggunakan kombinasi metode story telling dan model role playing dengan media boneka jari pada anak kelompok kelompok A TK Kartini Desa Simpang Arja Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi metode story telling dan model role playing dengan media boneka jari salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI