DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MODEL TALKING STICK DAN MEDIA NYATA ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU AISYIYAH 42 BANJARMASIN
PENGARANG:ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Adawiyah. 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Dalam       Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf Menggunakan Kombinasi Model Make A Match Dengan Model Talking Stick  Dan Media Nyata Anak Kelompok B Paud Terpadu Aisyiyah 42 Banjarmasin.Skripsi Program pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin M.Pd.

 

Kata Kunci: Bahasa, Simbol Huruf, Model Make A Match, Talking stick dan Media Nyata

 

Permasalahan dalam penlitian ini rendahnya aspek  bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf. Penyebab ini dikarenakan kurangnya inovatif media pembelajaran yang ditampilkan guru, kurangnya inovasi medel dan metode pembelajaran yang digunakan sehingga anak lebih sering belajar dengan mengerjakan pada buku masing-masing, sehingga anak menjadi kurang mampu menyebutkan simbol-simbol huruf.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di PAUD Terpadu Aisyiyah 42 Banjarmasin pada kelompok B yang berjumlah 16 orang anak, terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Data penelitan diperoleh dari data kuantitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai ≥ 27 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh skor 90% sangat aktif, dan hasil perkembangan bahasa anak 15 anak memperoleh bintang ≥ (???) kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara klasikal  mencapi skor 93,75% anak berhasil berkembang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Kombinasi Model Make A Match, Talking Stick dan Media Nyata dapat mengembangkan kemampuan  Bahasa pada Anak Kelompok B PAUD Terpadu Aisyiyah 42 Banjarmasin.

Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi dan bahan pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas khususnya mengembangkan kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI