DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENGENAL PERILAKU BAIK DAN BURUK DALAM BERTINGKAH LAKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MODEL ROLE PLAYING PADA ANAK KELOMPOK A TK AR RAUDAH PELAIHARI
PENGARANG:MARLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Marlina. 2019. Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral dalam Mengenal Perilaku Baik dan Buruk dalam Bertingkah Laku menggunakan Kombinasi Model Examples Non Examples dan Model Role Playing pada Anak Kelompok A TK Ar Raudah Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci :  Nilai Agama dan Moral, Examples Non Examples, Role Playing

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A TK Ar Raudah Pelaihari diperoleh gambaran bahwa kemampuan nilai agama dan moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk dalam bertingkah laku masih belum maksimal.Hal ini disebabkan karena anak kesulitan memahami materi yang disampaikan guru dan kurangnya semangat anak untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model examples non examples dan model role playingmelalui penelitian, dengan tujuan untuk mndeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis perkembangan kemampuan nilai Agama dan Moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk dalam bertingkah laku pada anak Kelompok A TK Ar Raudah Pelaihari.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian anak di Kelompok A TK Ar Raudah Pelaihari. Teknik peneliytian pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek pengembangan kemampuan nilai agama dan moral. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sngat aktif. Hasil pengembangan anak minimal 80% mendapat nilai ««« dan ««««

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 94% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kemampuan nilai agama dan moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk dalam bertingkah laku berhasil berkembang dengan persentase 88% anak memperoleh 򮮮.

Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model examples non examples dan model role playing dapat mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk dalam bertingkah lakupada anak kelompok A TK Al-Qaromah Pelaihari. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar menggunakan model examples non examples dan model role playing sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil perkembangan anak meningkat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI