DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI PAUD TERPADU NEGERI PERTIWI MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD HIFNIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Diperkirakan lebih dua ratus juta anak pada negara berkembang tidak mendapatkan kemampuan perkembangan optimalnya, diantaranya perkembangan kognitif. Pola asuh ialah suatu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Tujuan penelitian ini agar mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak prasekolah (usia 4-6 tahun) di PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura. Penelitian ini memakai deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 51 orang tua siswa PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura memakai teknik purposive sampling. Analisis data memakai uji korelasi spearman rho. Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak prasekolah (usia 4-6 tahun) di PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura (p=0,003). Artinya pola asuhan yang dipakai orang tua pada keluarga paling mempengaruhi proses tumbuh kembang anak termasuk perkembangan kognitif.

Kata kunci: pola asuh, perkembangan kognitif, prasekolah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI