DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MEMBUAT GAMBAR DENGAN BEBERAPA TULISAN YANG SUDAH BERBENTUK HURUF MELALUI KOMBINASI METODE DEMONSTRASI, MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B DI PAUD TERPADU NEGERI PEMBINA PELAIHARI
PENGARANG:ST. HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Hasanah, S. 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Membuat Gambar dengan Beberapa Tulisan yang Sudah Berbentuk Huruf melalui Kombinasi Metode Demonstrasi, Model Explicit Instruction dan Metode Pemberian Tugas Pada Kelompok B di PAUD Terpadu Negeri Pembina Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Gambar, Huruf, Demonstrasi, Explicit Instruction, Pemberian Tugas

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B PAUD Terpadu Negeri Pembina Banjarmasin diperoleh gambaran bahwa bahasa dalam membuat gambar dengan beberapa tulisan yang sudah berbentuk huruf masih belum maksimal. Hal ini disebabkan selama pembelajaran berlangsung masih ada anak yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru, anak terlihat tidak berminat dan kurang antusias. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode demonstrasi, model explicit instruction dan metode pemberian tugas melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam membuat gambar dengan beberapa tulisan yang sudah berbentuk huruf pada anak kelompok B PAUD Terpadu Negeri Pembina Pelaihari.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B PAUD Terpadu Negeri Pembina Pelaihari yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan bahasa secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa dalam membuat gambar dengan beberapa tulisan yang sudah berbentuk huruf berhasil berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam membuat gambar dengan beberapa tulisan yang sudah berbentuk huruf menggunakan kombinasi metode demonstrasi, model explicit instruction dan metode pemberian tugas pada anak kelompok B PAUD Terpadu Negeri Pembina Pelaiharidikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi metode demonstrasi, model explicit instruction dan metode pemberian tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI