DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG HURUF MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRATION DIKOMBINASIKAN MODEL MAKE A MATCH DAN MEDIA KOTAK ALPHABET PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA PELAIHARI
PENGARANG:MARDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Mardiana. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Huruf Menggunakan Model Demonstration dikombinasikan Model Make a Match dan Media Kotak Alphabet pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, M.Pd

 

Kata kunci :  Kognitif, Huruf, Demonstration, Make a Match, Kotak Alphabet

 

Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan kemampuan kognitif adalah rendahnya hasil perkembangan kognitif dalam mengenal lambang huruf karena anak kurang fokus dan kurangnya motivasi dalam memperhatikan guru. Akibatnya hasil perkembangan kognitif anak tahun 2016/2017 menunjukkan 11 dari 16 anak yang belum mencapai keberhasilan yaitu 80%. Begitu pula pada tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan 11 dari 17 anak yang belum mencapai keberhasilan yaitu 80%. Sedangkan pada tahun 2018/2019 menunjukkan 10 dari 14 anak yang belum mencapai keberhasilan yaitu 80%. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti tertarik menggunakan model demonstration dikombinasikan model make a match dan media kotak alphabet, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal huruf menggunakan model demonstration dikombinasikan model make a match dan media kotak alphabetpada anak kelompok A TK Negeri Pembina Pelaihari.

Penelitianmenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi terhadap anak kelompok A TK Negeri Pembina Pelaihariyang berjumlah 14 anak. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah mencapai 80%. Faktor yang diteliti aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 93 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif dalam mengenal lambang huruf berhasil/berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh 򮮮.

Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model demonstration dikombinasikan model make a match dan media kotak alphabet dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal huruf pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Pelaihari tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar menggunakan model demonstration dikombinasikan model make a match dan media kotak alphabet sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil perkembangan anak meningkat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI